ASYIKNYA BERMAIN ……………..

Saat ini banyak tempat bermain tuk anak-anak yang berada dalam area tempat belanja yaitu mall yangberada di daerah Bandung dan Jakarta. Mungkin alasannya adalah untuk memudahkan orangtua yang sedang belanja yang tidak direpotkan oleh anaknya maka anaknya bias bermain ditempat permainan yang disediakan. Walau tiket masuk yang ditawarkan terhitung tidak murah. Seperti tempat bermain yang ada dikawasan Mega Mall Bandung harga tiketnya kalau hari libur Rp.200.000/org. kalau hari senin-jum’at Rp.150.000/org. Permainan disini tidak semua anak-anak dapat mengikutinya karena ada ukuran minimal tinggi badan tapi kalau yang di Pasific Place Jakarta permainan ini dikhususkan anak berusia Balita sampai 12 tahun.

Permainan di Pasific Place ini sangat sarat dengan edukasi, bahkan bukan dikatakan permainan tetapi adalah anak diajak untuk memerankan berbagai profesi pekerjaan dan dengan itu dia dapat gaji dan gajinya itu dapat mereka tabung atau mereka belanjakan makanan kecil dengan harga yang tertera.

Hampir semua profesi ada disini, contohnya : penyemir sepatu, pembersih gedung, pesulap, pemain teater, dubber, pengisi SPBU, Pemadam kebakaran, model, Operator Taxi, Pembuat sepatu, Tukang cat, kasir, pembuat kue, Dokter gigi, Polisi, dll.

Sebelum anak-anak memerankan profesi tersebut, mereka diberi pengertian pekerjaan tersebut seperti apa dan bagaimana mereka mesti melakukannya. Setelah mereka paham barulah mereka mengerjakannya dan nantinya mereka dapat gaji setelah mereka menyelesaikannya. Contohnya untuk berperan sebagai polisi, mereka diberi pengarahan apa saja tugasnya. Disini mereka harus menangkap penjahat yang kaabur dari penjara, disitu juga ada penjaranya dan apabila penjahatnya kabur maka alarmnya berbunyi, maka mereka harus melihat komputer yang seperti CCTV, melihat dimana keberadaan penjahat tersebut di kota kecil tersebut. Mereka harus berkeliling kota untuk mencari penjahat tersebut, akhirnya penjahat tersebut tertangkap maka mereka memasukkan kepenjara. Lalu mereka digaji sebesar 20 kidz. Kalau berperan sebagai pesulap mereka, mereka dibimbing untuk memperagakan satu jenis sulap setelah tau caranya mereka harus menampilkan sulap mereka didepan orangtua didalam sebuah panggung pertunjukan, panggung pertunjukan itu disetting memang sebuah panggung pertunjukkan.

Pada saat berperan sebagai model, mereka di dandani dulu dan dipakaikan kostum selayaknya model dan diajarkan berjalan di catwalk. Dan setelah itu mereka memperagakannya apa yang diajarkan tadi,setelah setiap melakukan pertunjukkan itu mereka diberikan upah karena mereka telah mengerjakan pekerjaannya. Saat mereka mulai masuk kedalam permainan tersebut, mereka diberi modal sebesar 50.000 kidz. Ketika mereka mempunyai banyak uang dari pekerjaannya, mereka bisa menyimpan uangnya di Bank, bank tersebut dibuat sesungguhnya dan kemudian mereka akan mendapatkan kartu ATM yang dapat digunakan mengambil uang. Tentu saja kartu ATM tersebut hanya bisa digunakan di dalam lokasi tersebut saja.

Tempat permainan tersebut sangat bermanfaat sekali, anak bisa memahami berbagai jenis pekerjaan dan mengerti bagaimana mendapatkan upah. Semoga makin banyak saja permainan yang bermanfaat dan mendidik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s