HUJAN …??? SIAPA TAKUT …………

Komunitas Blogger Bekasi

“Tik tik tik bunyi hujan di atas genting
Airnya turun tidak terkira
Cobalah tengok dahan dan ranting
Pohon dan kebun basah semua”

Syair lagu ini pas banget dinyanyikan pada beberapa hari terakhir ini…. Ya ! memang beberapa hari ini hujan membasahi wilayah kita ……. Guntur, petir membahana . Akibatnya kita ketakutan dengan suaranya yang menggelegar. Kalau sudah hujan banyak dari kita yang mulai mengeluh akibat hujan aktifitasnya terganggu , apalagi para ibu yang jemurannya tidak kering, banyak jalanan yang tergenang air. Kalau tidak hati-hati mobil dijalan banyak yang tergelincir akibat jalanan licin. Dan banyak lagi keluhan yang lainnya tentang hujan. Sebagian orang kadang sering keluar dari mulutnya celaan, “Aduh!! hujan lagi, hujan lagi”. Ketahuilah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menasehatkan kita agar jangan selalu menjadikan makhluk yang tidak dapat berbuat apa-apa sebagai kambing hitam jika kita mendapatkan sesuatu yang tidak kita sukai. Seperti beliau melarang kita mencela waktu dan angin karena kedua makhluk tersebut tidak dapat berbuat apa-apa.  Dalam sebuah hadits qudsi, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Manusia menyakiti Aku; dia mencaci maki masa (waktu), padahal Aku adalah pemilik dan pengatur masa, Aku-lah yang mengatur malam dan siang menjadi silih berganti.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,”Janganlah kamu mencaci maki angin.” Dari dalil di atas terlihat bahwa mencaci maki masa (waktu) dan angin adalah sesuatu yang terlarang. Begitu pula halnya dengan mencaci maki makhluk yang tidak dapat berbuat apa-apa, seperti mencaci maki angin dan hujan adalah terlarang.

Tahukah kalian bahwa hujan itu membawa keberkahan ..? seperti dalam surat Alqur’an:  “Dan Kami turunkan dari langit air yang membawa berkah, dan dengan itu Kami tumbuhkan kebun-kebunan dan biji-bijian yang dapat dipanen.” (Surat Qaaf, 9). Jadi hujan itu suatu keberkahan, menyuburkan yang ada di muka bumi ini dan hujan jangan dijadikan alasan terhambatnya aktifitas kita. Dan saya pernah mendengar ceramah yang disampaikan oleh Ust. Yusuf Mansyur disalah satu stasiun TV swasta yang menyatakan bahwa pada saat hujan janganlah menyingkir dari hujan atau berteduh karena kita takut akan kebasahan tetapi terjanglah hujan itu. Saat kita dibawah hujan yang deras jangan menggerutu atau mengumpat tetapi berdoalah, maka Insya Allah akan dikabulkan.  Ibnu Qudamah dalam Al Mughni mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda, “Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : (1) Bertemunya dua pasukan, (2) Menjelang shalat dilaksanakan, dan (3) Saat hujan turun.” Seperti dalam Al-qur’an Surat Asy-Syura ayat 28 : “Dan, Dialah yang menurunkan hujan sesudah mereka berputus asa dan enyebarkan rahmat-Nya. Dan, Dialah Yang Maha Pelindung lagi Maha Terpuji.”

Dan ada lagi manfaat Hujan yaitu Musim hujan ternyata memberikan dampak yang baik bagi otak. Peneliti Australia mendapati, hujan bisa meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat.
Sebuah tim dari University of New South Wales menanyai pembeli di Sydney selama masa dua bulan. Mereka menemukan orang bisa melalui tes ingatan lebih baik saat cuaca buruk dan pembeli sedang merasa depresi.

Ketika kita kehujan maka air hujan yang menyentuh tubuh itu dapat diibaratkan terapi pijat pada tubuh kita.

Di Kalimantan ada kebiasaan penduduk setempat yang ketika hujan menampung airnya di suatu wadah atau tempat untuk diminum, mandi atau kegiatan lainnya ternyata manfaat itu adalah untuk menghaluskan kulit dan membuat awet muda ( kata almarhumah nenek, kebetulan saya berasal dari Kalimantan ).

Setelah dipaparkan seperti ini masihkah kita mengumpat, menggrutu dan memaki akan turunnya hujan. Cobalah mulai sekarang untuk dapat menerm hujan dengan senang hati, bahagia dan jangan lupa berdoa.

“ HUJAN ….??? SIAPA TAKUT !!!”

2 thoughts on “HUJAN …??? SIAPA TAKUT …………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s