KERTAS – KERTAS YANG TERBUANG

Semesteran telah selesai, mulailah guru-guru sibuk mengoreksi kertas-kertas jawaban dari siswa-siawanya. Kertas-kertas berlembaran banyak dihadapan tuk diperiksa dan dinilai, setelah dikoreksi pastilah dibagikan kesiswa atau malah dikumpulkan nanti diloakkan oleh petugas penjaga disekolah. Belum lagi untuk proses remedial dilaksanakan masih menggunakan kertas-kertas lagi, waduh banyak banget kertas-kertas yang terbuang.

saya sebagai seorang guru merasa banyak sekali kertas yang selalu terbuang setelah setelah kita melakukan tugas-tugas untuk siswa-siswa kita, coba kita sebagai guru bisa mengurangi kertas yang kita gunakan untuk tugas siswa. Berarti dapat melestarikan lingkungan karena kertas yang kita gunakan saat ini adalah terbuat dari serat tanaman, berapa lama tanaman tubuh samapi dewasa untuk bisa digunakan sebagai seratnya untuk pembuatan kertas.

Sebelum saya menjadi seorang guru pernah bekerja di PT.INHUTANI III dipedalaman hutan Kalimanan, hutan industrinya yang digunakan untuk pembuatan kertas. Begitu sulitnya penanaman pohon dan banyak yang dilakukan untuk sebatang pohon sebelum ditebang.

Pembuatan kertas yang kita gunakan bahan baku kertas dari tanaman yang banyak mengandung serat seperti : jerami padi, bamboo, tebu, rumput-rumputan, jute, manila, rosella, murbai, kapas, lena dan jenis tanaman-tanaman lainnya yang cukup banyak tersedia di alam. Batang-batang kayu pun digunakan sebagai bahan baku. Hampir semua jenis kayu baik kayu keras maupun lunak tanpa kecuali dapat dijadikan bahan baku kertas. Karena kayu mempunyai kandungan selulosa cukup banyak (40-45 %) (JF Dumanauw, 1984). Seperti yang kita ketahui selulosa adalah komponen utama pembuatan kertas.

Dengan demikian saya berusaha untuk mengurangi penggunaan kertas dengan cara yaitu setiap siswa saya suruh untuk mempunyai Blog, kemudian kalau aku ingin member tugas mereka harus menuliskannya di Blog mereka dan nanti aku koreksi dari situ kita minimal bisa mengurangi kertas walau hanya sebagian kecil saja tapi sangat bermanfaat sekali untuk pelestarian lingkungan.

Kebetulan sekali IGI Bekasi telah melakukan pelatihan blog untuk para gurunya maka kita dapat menerapkan apa yang telah kita dapatkan dipelatihan untuk diterapkan dalam pengajaran kita sehari-hari. Maju terus IGI Bekasi untuk melakukan berbagai pelatihan untuk para guru.

2 thoughts on “KERTAS – KERTAS YANG TERBUANG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s