NYONTEK …..???? NGGAK BANGET !!!!!!

Minggu-minggu ini merupakan minggu yang sibuk bagi yang namanya pelajar…..karena mereka semua yang namanya pelajar sedang menghadapi ujian semester ganjil. Kalau udah namanya semesteran…….pastilah mereka harus siap mengadapinya dengan cara belajar …… belajar dan belajar. Tanggal 5 & 6 Desember 2011 dilaksanakannya Try Out I untuk anak-anakku kelas XII, namanya Try out maka semuanya dibuat seperti akan menghadapi UN sebenarnya, hanya saja pengawas masih gurunya sendiri.

Dari kelas yang ku awasi terlihat dari sikap, wajah anak-anakku itu yang tidak atau belum siapnya menghadapi UN atau Try Out ini. Memang tidak semuanya sich, tapi kesiapan anak-anakku terlihat dari sikap en wajah mereka, paling-paling yang siap dalam try out kali ini berkisar 10-20% saja dari jumlah siswa kelas XII.

Kesiapan yang kurang terlihat dari sikap mereka saat menerima lembar soal, saat menerima lembar soal itu mereka hanya membolak – balik soal tanpa terlihat mengerjakan atau membacanya dan mulai sikap duduknya yang  tidak tenang, mulai gelisah untuk mencoba mencari jawaban. Sedangkan anak-anakku yang telah siap dengan asiknya dia mengerjakan tanpa gelisah tanpa tengak-tengok, tidak bengong terlihat pula dari raut wajahnya yang tenang dan berseri dalam menghadapi lembar – lembar soal.

Namanya juga siswa walau pengawasanny super ketat, mereka berusaha untuk tetep mencari jawaban dari temannya, padahal belum tentu jawaban temannya itu betul. Kadang mereka tidak percaya diri atas jawaban yang mereka buat, karena mereka tidak belajar jadi mereka tidak merasa pasti akan jawaban sendiri. Sepertinya nyontek itu merupakan tradisi dari seorang yang namanya pelajar, Ada istilah dari anak-anak bahwa kalau tidak nyontek saat ujian maka nggak afdhol dalam ujian, Aneh !!!!.

Sebenarnya nyontek itu adalah suatu tindakan kecurangan, kebohongan ( ingin mendapatkan hasil yang optimal tetapi dengan usaha yang minimal ).

Definisi dari Kamus Indonesia adalah :

1. menggocoh ; mencungkil

2. mengutip (tulisan dsb) sebagaimana aslinya; menjiplak:

 

Malas belajar tapi mau dapat nilai tinggi….nggak banget. Kalau mau nilai bagus yach usaha doooong. Disinilah

Penyebab Menyontek menurut Tanenji (andaluarbiasa.com),Banyak hal yang menyebabkan seseorang menyontek. Ini di antaranya:

1. Ingin berhasil tanpa usaha yang melelahkan.

2. Ingin membahagiakan pihak lain.

3. Malu tidak disebut berprestasi.

4. Bahan yang diujikan tidak menarik.

5. Sistem pengawasan ujian yang longgar.

Sebetulnya, ada juga beberapa manfaat  mencontek saat ujian…yaitu (Rangga Umara)kalau yang ini mencari pembenaran akan menyontek.

1. Membantu nilai menjadi lebih baik

2. Pelajaran atau materi yang sebelumnya kita tidak tahu menjadi tahu

3. Mempererat tali silaturahmi di antara sesama teman, “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh,”

4. Dapat mengenal orang yg memang benar-benar pinter sekaligus tahu sifat mereka yg sebenarnya, pelit atau engga?

5. kalo ngga mau berbagi, maka dia tipe seseorang yg kurang “sosial” alias pelit & egois

 

Menyontek tetaplah suatu hal yang sangat tidak terpuji…… selain pengawas yang memperhatikan kita tetapi ada yang melihat kita kalau kita lagi menyontek yaitu malaikat yang selalu mendampingi kiat terus yang Maha Kuasa, melihat apapun yang kita lakukan. Jadi takutlah pada Allah S.W.T bukannya dengan pengawas. Selama ini anak-anakku lebih takut ketauan sama pengawasnya daripada sama yang lebih Maha Tahu. Apa gunanya nilai yang bagus tapi bukan usaha kita sendiri melainkan hasil kecurangan atau kebohongan. Hal-hal seperti inilah yang akan melahirkan “GAYUS-GAYUS” generasi penerusnya. Gayus itu pintar tetapi pintar ngebohongin orang. Ingin mendapatkan hasil yang bagus tapi tidak mau usaha. Cuape dech……………………..

Mulailah dengan kejujuran mengerjakan soal-soal ulangan, ujian atau apasaja. JUJUR itu harus …. Hari ghini masih nyontek ………… ??? nggak banget dech !!!!

2 thoughts on “NYONTEK …..???? NGGAK BANGET !!!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s