DIMANA JILBABKU oooooooh JILBABku …???

Jilbaber istilah untuk pemakai jilbab, murid-muridku seenaknya saja mereka saat ini untuk menggunakan jilbab….sesuka mereka tergantung kondisi dan situasi hati mereka. Seharusnya tidak seperti itu karena kewajiban memakai jilbab sama saja seperti kewajiban kita kepada ibadah-ibadah yang lainnya, yang harus kita jalani secara konsisten & kontinyu tidak seenaknya saja. Saat ini makai tapi besoknya bila kondisi tidak menguntungkan akan melepas atau tidak memakai jilbabnya lagi. Seperti saat ini anak-anakku latihan paskibra, biasanya mereka mengenakan jilbab tapi saat ini karena mau tampil untuk perlombaan maka merekapun melepaskan jilbabnya.Alasan mereka karena untuk kebersamaan….untuk keseragaman biar tampil pada saat perlombaan terlihat rapi tidak ada yang belang belentong……karena ada yang tidak menggunakan jilbab jadi semuanya membuka jilbabnya. Padahal PASKIBRAKA yang tampil di Istana Merdeka saja, ada yang pakai jilbab dan ada yang tidak sesuai dengan keyakinan mereka dan keimanan mereka untuk bersikukuh tetep memakai jilbabnya. Berarti pemakaian jilbab untuk paskibraka di Istana Merdeka sudah boleh dan tidak ada aturan yang melarang orang berjilbab untuk menjadi PASKIBRAKA. Kadang juga anak-anak ku sesukanya memakai jilbab bila ingin tampil menyanyi atau ekskul disekolah tiap hari minggu untuk olahraga basket mereka tidak memakai jilbabnya. Padahal disekolah kami tidak mewajibkan siswinya untuk memakai jilbab, Jilbab boleh dipakai sesuai dengan keyakinan dan kemaunnya sendiri.

  • Semoga Firman Allah SWT dibawah ini, dapat menajdi bahan renungan bagi kaum wanita kh Hendaknya menutup seluruh tubuh dan tidak menampakkan anggota tubuh sedikit pun, selain yang dikecualikan karena Allah berfirman, “Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dada mereka dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali yang biasa nampak.” (An-Nuur: 31)
  • Allah Subhannahu wa Ta’ala,“Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang.”   (Al Ahzab :59).
  • Wahai istri-istri Nabi! Kamu tidak seperti perempuan-perempuan yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk (melemah lembutkan suara) dalam berbicara sehingga bangkit nafsu orang yang ada penyakit dalam hatinya, dan ucapkanlah perkataan yang baik.” (QS.Al-Ahzab : 32)
  • Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan (bertingkah laku) seperti orang-orang jahiliah dahulu. (QS.Al-Ahzab : 33)

Mereka tidak tahu kalau sejarah jilbab di Indonesia khususnya untuk disekolah umum yang bukan sekolah agama, sekitar tahun 1993 – an, untuk memakai jilbab disekolah umum itu perlu perjuangan dan pengorbanan, karena mereka dilarang untuk memakai jilbab. Pada saat itu taruhannya adalah kelulusan, siswi kelas 3 yang akan ujian pada saat itu namanya Ebtanas dilarang untuk memakai jilbab karena tidak keseragaman. Karena perjuangan siswi-siswi sebelumnya untuk dapat mempertahankan pemakaian jilbab disekolah umum seperti SMA diijinkan atau diperbolehkan untuk memakai jilbab. Sampai-sampai pada saat itu aku dan teman-teman harus mempertaruhkan kelulusanku atau buka jilbab….?? Tapi Allah S.W.T selalu menolong umatnya yag teguh pada jalan-Nya. Kami dibolehkan tetep memakai jilbab tetapi pada  saat pasphoto untuk ijazah harus terlihat kupingnya. Apa yach… hubungan memakai jilbab dengan ijazah harus terlihat kupingnya …Aneh. Tapi kami tetap melakukan sedemikian rupa kami usahakan kuping kami terlihat tapi tidak membuka jilbab. Jadilah pasphoto kami saat di ijazah SMA jadi terlihat lucu dan aneh ….. Demikian sulitnya dulu hanya untuk mau memakai jilbab. Apakah murid-muridku masih mau mempermainkan pemakaian jilbabnya…???? Oh jangan kau lepas seenaknya saja hanya mengikuti trend saat ini karena jilbab sudah menjadi pakaian yang modis, beda sekali pada tahun 1993 kalau mau beli baju muslim itu sulit sekali walaupun ada modelnya tidak banyak pilihan dan jilbab tidak segampang sekarang memperolehnya harus bikin sendiri en tidak banyak model en motifnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s