25 November 2011

Hari ini hari Jum’at tgl 25 November aku bahagia sekali ternyata ………………… anak-anakku semuanya mengingat hari ini adalah hari GURU, tiap aku masuk kelas selalu mereka mengucapkan secara serempak…………….. “SELAMAT HARI GURU”, bu ! dengan ucapan seperti itu saja aku sudah bahagia sekali ………………. Walau hari ini aku tidak mengajar dikelas lainnya….. tapi tiap ada kesempatan tadi baik berpapasan atau mereka sengaja mencariku hanya untuk mengucapkan “SELAMAT YACH BU!” jangan galak2 en kasih nilai yang bagus yach bu……….!!! ada-ada aja anak-anak itu………….!!! Mudah-mudahan ucapan mereka itu tulus ditujukan kepadaku……….. apalagi diiringi dengan perbuatan en kerajinan mereka terhadap apa yang kita perintahkan dan menyerap ilmu yang kita transferkan…. pastilah itu merupakan hadiah yang terindah untuk ibu.

Dengan ketulusan seperti itu aku merasa harus pula mengoreksi diri kita apakah kita ini sesuai sebagai GURU yang dengan tulus ikhlas untuk mengajar anak-anak tanpa paksaan atau hanya sekedar menunaikan kewajiban mengajar…??? sifatku yang masih tidak objektif terhadap siswaku sendiri, memandang hanya kepada siswa yang pintar saja tapi kadan ke siswa yang nakal aku suka marah en masih suka menghukum sesuai dengan emosiku saat itu. Tapi keinginanku yang paling dalam adalah untuk dapat menstrasfer ilmuku itu pastinya, mengarahkan anak-anak menjadi yang lebih baik dari sebelumnya. Aku tidak saja menjadi guru bagi mereka tetapi juga ingin menjadi Teman, sahabat, ibu dan menjadi orang terdekat bagi mereka, tapi kadang mereka tidak bisa menempatkan diri mereka kapan mereka butuh aku ………… disitulah pintar-pintarnya aku tuk dapat menempatkan diri kapan aku menjadi guru, teman, ibu dan sahabat bagi mereka. Seperti yang karya Kahlil Gibran : “Guru yang berjalan-jalan dibawah bayangan kuil, ditengah para pengikutnya, bukannya memberikan kebijaksanaannya, melainkan keyakinannya dan cinta kasihnya.”

Semoga pada hari ini beretepatan dengan hari guru aku dapat merubah semua sifat jelekku dalam mengajar……. aku berjanji sebagai guru yang telah menjadi pilihan hidupku… aku akan berusaha menjadi guru yang kreatif en menyenangkan bagi semua murid-muridku. Aku ingin dikenang oleh murid-muridku sehingga mereka menceritakan tentang diriku kepada anak keturunannya nanti………….

Apakah kau seorang guru yang berdiri di panggung sejarah yang ditegakkan yang terilhami kejayaan masa lalu, mengajari umat manusia dan bertindak sebagaimana ia berkhotbah? Jika demikian, kau adalah penyembuh bagi kemanusian yang sakit dan ramuan bagi hati terluka.(Khalil Gibran).

“SELAMAT HARI GURU”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s