Kelas UNIK

Tahun ini ada satu kelas yang sangat lain dari lain. Kenapa ? karena tiap guru yang masuk kesitu merasa tidak nyaman en merasa sulit untuk mengatur kelas tersebut, termasuk aku. Ingin sekali mengubah keadaan kelas tersebut menjadi lebih baik. Pasalnya kelas itu termasuk yang malas mengerjakan tugas, berisik, susah diatur, semangat belajarnya tidak ada, sebagian besar anaknya dikelas itu tidak sopan dalam bersikap, itu penilaian ku. Selama aku mengajar dari tahun 2002 sampai saat ini baru menemukan kelas seperti itu. Digalakin atau ditegasin mereka bilang kita terlalu keras terhadap mereka, kalau dilembutin mereka menjadi melunjak………..terus seperti apa aku harus bersikap …….??????

Pernah suatu saat, pada saat pelajaran ku praktek komputer di Lab. Pelajaran saat itu adalah menginstall windows server  2003 dan nantinya akan berlanjut ke Linux Debian 4.0 tapi dari 33 anak yang hadir saat itu karena yang lain sedang melaksanakan PKL, hanya 3 anak yang membawa CD-nya, so pastinya nggak bisa ngerjain dong. Pada saat itu memuncaklah amarahku …….. secara udah dua minggu sebelumnya en pada pertemuan terakhir telah aku peringatkan tuk membawa CD ter  sebut. Aku hukum mereka dengan cara lari lapangan sebanyak 3 kali, keterlaluan nggak yach…….???? tapi nggak juga sich karena mereka sering menyepelekan setiap perintah. Tapi belum juga hukuman dimulai ternyata ada yang pingsan, ternyata anak tersebut sering pingsan karena punya penyakit asma akut,langsung dibawa ke UKS en yang lainnya tetep saya hukum.

Hari ini tgl 31 Oktober 2011 saat pelajaran saya, saya minta pendapat mereka harus seperti apa en bagaimana saya mesti bersikap, ada beberapa anak yang memberi pendapatnya. Saya bisa memahami mereka, tadinya mereka takut untuk menyampaikan pendapat, setelah mereka memberi pendapat saya beri mereka nilai 80 sebagai penghargaan atas keberaniannya mengungkapkan pendapatnya.Mereka meminta saya untuk lebih sabar, hrs memahami mereka jangan terlalu diambil hati en mereka menialai saya terlalu sering memainkan hp BB saya(iya juga sich… hehehe). Saya berjanji didepan mereka untuk merubah sikap saya sesuai kemauan mereka, Tapi mereka juga harus mengikuti keinginan saya terhadap mereka salahsatunya mereka juga tidak boleh main hp selama pelajaran saya trus semua harus nurut akan perintah saya. contohnya mengerjakan tugas, tidak berisik saat belajar dll yang menurut saya perlu. Jadi saya imbang dengan mereka … mereka menuntut saya berubah dan saya juga ingin mereka berubah.

Kita lihat apakah akan berubah mereka….setelah hari ini.

Ternyata mereka berubah………….. saat saya masuk kelas itu sangat kondusif sekali, suasana berubah total yang tadinya berisik, malas, acuh terhadap guru dan keluhan lainnya tentang kelas itu. Mereka antusias terhadap pembelajara yang saya bawakan, semua suasana en keadaan kelas berubah. Saya jadi sangat bersemangat masuk dan mengajar dikelas tersebut.

Satu hal yang dapat saya ambil dari hal tersebut adalah……………. saling keterbukaan terhadap siswa dan dengarkan pendapatnya, biarka dia mengkritik kita apa adanya, biarkan mereka bicara, barulah kita bisa membuat mereka menjadi sesuai keinginan kita.

Memang hal yang kecil kadang kita  lupa, kita terlalu banyak menunt menuntut siswa sedangkan kita jarang mendengarkan mereka untuk berbicara dan keluh kesahnya.

Semoga saya dapa menjadi guru, teman, sahabat en orangtua bagi siswa saya semua. aaaamiiin

2 thoughts on “Kelas UNIK

Tinggalkan Balasan

