CINTA OH CINTA ……………….


Disebuah sekolah Antah Berantah, ada seorang siswa sedang curhat dengan gurunya. Hari ini ada siswa yang mendatangiku…..dia mau curhat katanya……tentang hati, ku pikir masalah cinta dengan temannya yang cewe tapi….. setelah ke dengar ceritanya ternyata dia menyukai salah satu dari gurunya… HAAAAAAAA aku agak terperanjat. Tapi karena melihat dia masih bersemagat utuk bercerita tentang curahan hatinya. Memang guru itu belum menikah tapi usianya beda 14 tahun dan guru tersebut mengajar dikelasnya. Aku takut akan mempengaruhi konsentrasinya belajar pasalnya dia sudah kelas XII. Kelas XII sebentar lagi akan ujian-ujian dan segala macam persiapan pembelajaran yang dilakukan untuk menghadapi UN. Setelah dia curat sepenuh hati dan aku dengarkan dengan sungguh-sungguh. Pikirku seperti Raffly en Yuni ajha…walaupun sekarang mereka putus. Apakah siswa ku itu hanya ikut-ikutan saja ? Jatuh cinta itu emang bisa membutakan mata seseorang yang sedang jatuh cinta tidak memandang umur, status sosial, prilaku kalau sudah cinta mau bilang apa? Terserah emang udah CINTA begitu katanya. Aku bilang padahal masih banyak siswi-siswi disekolah ini kenapa memilih seorang guru wanita yang usianya lebih jauh dari dirinya.

Jatuh cinta merupakan hal yang paling membahagiakan. Tetapi dalam lingkungan sosial sering kali dianggap aneh apabila seorang pria jatuh hati dengan wanita lebih tua. Tak sedikit yang menggangap hal ini sebuah keganjilan dalam hubungan percintaan. Anakku tersebut sudah biasa mencintai atau menyukai seorang wanita yang umurnya jauh diatas dia. Dia merasa nyaman dan cocok bila dengan seorang wanita ang usianya lebih jauh dari dia, bila yang seusia dia merasa tidak nyaman dan tidak cocok. “Saya benar-benar tidak tahu, kenapa saya selalu jatuh cinta pada wanita yang lebih tua,”katanya lagi. Padahal sudah aku nasehatin dia ada beberapa permasalahan yang akan timbul bila dia tetep menjalin hubungan dengan yang lebih tua terutama pola pemikiran yang berbeda dan yang terutama pada kehidupan sex nantinya, wanita itu punya batasan usia yang akan makin menurunnya, sedangkan pria makin 40 tahun keatas makin menggebu. Pikirkanlah lagi…. Beda bila prianya lebih tua itu malah lebih baik dari pada wanitaya yang lebih tua.

Apakah itu sikap yang normal atau hanya ikut-ikutan trend yang saat ini ada ? aku berusaha cari tau di Google…. Sebagian besar orang memiliki anggapan bahwa oedipus complex merupakan penyakit atau kelainan. Namun pada dasarnya ini hanyalah sebuah konsep yang berusaha untuk menjelaskan konflik yang terjadi dalam diri seorang anak ketika menjalani tahapan perkembangannya. Konflik ini terjadi saat anak memasuki usia 3 – 5 tahun. Menurut Freud, pada masa ini, anak laki-laki akan menganggap ayahnya sebagai saingan (rival) dalam mendapatkan cinta serta kedekatan dengan ibunya. Dan anakku itu telah meninggal dan dia dekat sekali dengan ibunya.

Konflik ini akan berakhir bila anak telah mampu mengidentifikasikan dirinya dengan tokoh orang tua sesama jenis; anak laki-laki dengan ayahnya atau anak perempuan dengan ibunya. Bila proses identifikasi itu tercapai, maka anak akan berkembang secara normal, sehat dan optimal. Namun bila konflik ini tidak mampu diselesaikan, maka hal tersebut akan menghambat pembentukan kepribadian anak dan orientasi hasrat seksualnya. Selain itu juga tak jarang menimbulkan penyimpangan-penyimpangan tingkah laku. Konflik yang terjadi dalam tahapan perkembangan seseorang di masa kecil dapat mempengaruhi orang tersebut di masa dewasanya, baik dalam tingkah laku, kepribadian, sifat atau juga cara pandangnya. Namun hal ini bukanlah faktor mutlak yang menentukan kepribadian seseorang di masa dewasa karena masih ada faktor lain yang saling mempengaruhi perkembangan manusia. Untuk konflik oedipus sendiri ada beberapa pengaruh yang dapat timbulkan, diantaranya : Dia akan mencari pasangan yang mirip seperti orangtuanya, dalam Islam itu tidak boleh & biasanya merupakan anak mami. Aku berusaha untuk tetep menasehatinnya agar tidak memilih yang tua atau usianya jauh diatas dia. Masih banyak teman-temannya yang sebaya. CINTA itu memang sulit yach……………..!!!!!

5 thoughts on “CINTA OH CINTA ……………….

  1. Berfikir positif saja bu guru… mungkin wanita yg dicintainya itu baik akhlaknya…dan bahkan Rasulullah beristrikan Siti Khadijah yg terpaut 15 tahun…. (beti kan……14 dengan 15 thn) hehehehe

  2. Sama dg yg saya alami dulu waktu sma..bahkan sampai saat ini saya masih berharap bisa bertemu dg beliau..inspirasi besar..meski hanya sekedar tau bahwa dia baik2 saja..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s